Langsung ke konten utama

Cara Merawat Hamster^^


*gambar ini adalah hamsterku yang bernama hami-toru, dia sejenis winter white gitu deh.. :P*

Hey bagi kalian semua yang baru atau sudah lama punya hamster, dan Ingin tau cara merawat hamster ada di sini. Semuanya aku tulis dari pengalamanku memelihara dan menjaga hamster selama 5 tahun :).

I. Langkah Pertama memelihara Hamster!

Sudah punya persiapan belum untuk memelihara dan menjaga hamster?
>. Kamu harus siap atas semua masalah yang akan ditanggung sendiri, seperti kematian atau kehamilan bagi hamsternya.

>. Uangnya (Harus ada donk!, kalo mau ada hamster yang gratis tapi harus gali tanah dulu.. :P)


*kandang sedang yang aku miliki, dibeli di Mall Of Indonesia (MOI) sekitar Rp.100.000-400.000*

>. Perlengkapannya (seperti: kandang, makanan, serbuk kayu/ pasir, roda mainan, tempat mandi, minuman, vitamin, dll.)

>. Tempat untuk menaruh kandang dan hamsternya, Yang pasti kamu harus tau donk dimana hamster beserta kandangnya akan ditaru di rumahmu (note: jangan tempatkan hamster beserta kandangnya di tempat yang panas dan langsung kena matahari, dan jangan juga tempatkan di tempat yang gelap).

Kalau kamu sudah siap, dan sudah mengikuti yang di atas ini ^. Berarti kamu sudah bisa memelihara hamster.
[note: kalau bisa jika kamu memelihara hamster, usahakan membeli hamsternya 2 yaitu cewek dan cowok agar bisa punya anak dan tidak stress. Karena jika hamster tidak ada teman main mereka akan langsung stress dan gampang mati]

II. Langkah ke-dua memelihara Hamster!

Tempat Tinggal


Tempat tinggal hamster bisa di Kandang bisa juga di Akuarium ikan yang agak besar (bukan yang bulat). Yang penting tempat tinggal hamster lantai/bawahnya harus dialasi dengan pasir/ serbuk kayu agar nyaman dan bisa membuat sarang.

Makanan

Makanan hamster biasanya berupa:
a. Biji-bijian
b. Kwaci / Biji Bunga Matahari
c. Apel (yang sudah di potong kecil-kecil)
d. Oatflakes (tapi jangan sering-sering)
e. Popcorn (popcornnya bukan sembarang, popcorn ini popcorn yang halus dan tidak ada rasa kusus buat hamster).
d. Roti (yang dipotong kecil-kecil)
DLL.

Ada juga makanan yang harus dihindar dan tidak boleh dimakan oleh hamster, karena akan menyebabkan sakit bagi si hamster, salah satunya:
a. Daun yang ada di tomat.
b. Timun.
Dan makanan-makanan lainnya yang ada rasa, dan mengandung kadar gula yang tinggi.



Olahraga dan Hiburan

Hamster butuh olahraga dan hiburan untuk melatih kesehatan fisik dan psikologis mereka.
Olahraga untuk hamster adalah roda mainan dan seluncuran. Hamster sering sekali berolahraga dan memanjat (kamu tau?, Hamster adalah pemanjat yang baik).

Hamster adalah pembangun sarang, banyak pemiliknya yang memberikan tisu atau potongan koran, sehingga mereka dapat membangun tempat yang aman di pinggir atau di rumah mereka. Serbuk kayu juga dapat digunakan untuk membangun sarang hamster, namun terdapat risiko kayu tersebut terkena pestisida atau terdapat potongan yang tajam yang dapat melukai hamster, seperti hewan pengerat lainnya, hamster juga adalah seekor hewan pengerat, hamster harus diberikan benda yang cocok dan aman untuk membangun sarangnya.

III. Langkah ketiga/ terakhir memelihara hamster

Beranak / Reproduksi

Hamster jantan memiliki testis yang besar sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Hamster muda lebih sulit melakukan seks.

Hamster melakukan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung dari spesiesnya, tetapi hal ini bisa dilakukan pada usia 1 bulan sampai 3 bulan. Hamster jantan tetap dapat melakukan pembuahan selama hidupnya, namun betina tidak. Hamster betina mengalami estrus kira-kira setiap tiga hari.

Musim pengembangbiakan terjadi pada bulan April sampai Oktober, dengan 1 sampai 13 anak lahir setelah periode gestasi selama 13 sampai 22 hari. Gestasi terjadi 16 sampai 18 hari untuk hamster Suriah, 18 sampai 21 hari untuk hamster Rusia, 21 sampai 23 hari untuk hamster Tiongkok dan 23 sampai 30 untuk hamster Roborovski.

Tanda-tanda hamster hamil:
-. Hamster betina sering bertengkar dengan hamster jantan.
-. Makannya lebih banyak.
-. Badannya menjadi besar/ gede,
-. Perutnya berbentuk menjadi buah pir.
-. Puting susunya sudah keliatan.
-. Hamster betina sering membuat sarang di pojokan.


*gambar di kandang hamsterku yang sedang menyusui anak-anaknya*

Melahirkan

Melahirkan bagi hamster adalah hal yang bagus karena akan meneruskan generasi-generasi hamster yang berikut.

Jika hamster kamu sudah melahirkan (anak hamster yang baru lahir bentuknya kecil, berwarna pink, dan tidak ada bulu) maka kamu harus:

>. Memisahkan hamster jantan dan hamster betina beserta anaknya ke kandang lain ( agar hamster jantan tidak memakan anaknya).

>. Memberi makan hamster betina yang lebih banyak porsinya.

>. Jika ingin memindahkan anak hamsternya jangan langsung dengan tangan telanjang karena jika anak hamster itu sudah ada bau manusia. Ibunya atau hamster betina itu tidak mau menjaga dan menyusui anak itu.

>. Jika kamu menaruh hamster betina beserta anaknya di akuarium, berarti atas akuarium itu harus ditutupi dengan koran/ kardus. Jangan lupa bolongi atau kasih oksigen juga di atasnya.

Sekian.., Selamat mencoba dan semoga berhasil~ ^^.

BONUS*
Question & Answer

1. Q: Katanya ada berita jika hamster betina bisa memakan anaknya sendiri, Bagaimana?
A: Iya memang betul, tapi hamster betina bisa memakan anaknya sendiri jika anaknya cacat atau sakit.

2. Q: Kenapa hamster tidak boleh makan timun?
A: Hamster tidak boleh makan timun karena, Timun memiliki sangat sedikit nutrisi yang baik dan dapat menyebabkan masalah pada hati, dan beberapa hamster tidak menyukai rasa dari buah sitrus, tetapi sitrus aman untuk diberikan pada hamster.

3. Q: Kenapa hamster jantan dapat memakan anaknya?
A: Hamster jantan bisa memakan anaknya karena anaknya sangat kecil dan tidak ada bulu, dikira hamster jantan itu adalah makanan.

4. Q: Apakah hamster bisa stress jika tidak ada Olahraga atau Hiburan?
A: Iya, betul sekali :)

5. Q: Berapa lama ,hidup hamster?
A: Hamster Suriah biasanya hidup tidak lebih dari 3 tahun jika dipelihara, dan hidup lebih pendek dari 3 tahun jika hidup di alam bebas. Hamster winter white hidup kurang lebih 1.5 sampai 2 tahun jika dipelihara, dan hamster Cina 2.5 sampai 3 tahun. Hamster roborovskii yang lebih kecil hidup 3 sampai 3.5 tahun jika dipelihara. Baik hamster siria maupun hamster dapat memulai reproduksi ketika berumur 4-5 minggu. Hamster cina dapat melakukan reproduksi ketika berumur 2-3 bulan, dan hamster roborvski pada umur 3-4 bulan.

Jika ingin Answer & Question bersama saya juga, Comment di post ini / email di thespecial_gurl@yahoo.com ^^~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 
Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 
Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya har…

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

Halo kembali para pejuang ilmu.
Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.
Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.
Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 
Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.
Pokoknya masukin semua informasi …

EXID : We're going UP and DOWN [Info & Fakta]

Okay gw sangat sangat kecewa banget, kenapa gak dari dulu gw kenal EXID!?

EXID, girl group Korea Selatan yang terdiri dari 5 member sedan mengguncang-guncang dunia k-pop dengan lagu hits nya yaitu 'UP AND DOWN'

Lets introduce them!



EXID ( dibaca EX- AI- DI) berkepanjangan EXceed In Dreaming. Debut pada February 16, 2012 dengan lagu Whoz That Girl. Awalnya membernya ada 6 yaitu : (Dari atas kiri) Hani, LE, Junghwa, Yuzi, Dami, Haeryung. Singlenya 'Holla' mendapatkan perhatian yang lumayan dari para netizen.
April 2012. Yuzi, Dami, Haeryung meninggalkan EXID dengan alasan berbeda-beda. Tetapi sekarang mereka menjadi member BESTie. Mereka digantikan oleh Solji (atau Soul. G) dan Hyelin. 
Dengan member baru ada Agustus 2012 mereka kembali dengan lagu 'I Feel Good'. Lalu pada October 2 2012 mereka mengeluarkan lagu hits 'Every Night' yang terjual sampan 105.000 digital copies.
Walaupun perhatian dari netizen kurang tetapi mereka tetap bekerja keras untuk men…