How many people reading my blog?

Jumat, 19 Agustus 2011

Tips Merawat Kulit Sensitif

PEREMPUAN dengan kulit sensitif biasanya memerlukan perawatan kulit yang lebih intensif dibandingkan mereka yang berkulit normal. Jika kurang telaten merawat, kulit menjadi mudah memerah, gatal, terbakar,sampai mengelupas.

Menurut ahli kulit di Miami, Marianna Blyumin-Karasik, M.D. perempuan dengan kulit sensitif memiliki sistem kekebalan hiperaktif, yang dapat membaca produk tertentu atau kondisi cuaca sebagai musuh dan melawan mereka sebagai benda asing.

Hindari sejumlah komponen berikut ini jika Anda memiliki kulit sensitif:

1. Parfum
Yang nikmat bagi hidung Anda belum tentu baik bagi kulit. Parfum adalah penyebab alergi kosmetik nomor satu. Aroma jeruk, bunga, sampai mint dapat menjadi penyebab kulit bermasalah. Jadi, pilih produk kecantikan atau pembersih rumah tangga tanpa kandungan parfum.

2. Zat kimia dalam pembersih wajah
Agen pembersih yang terkandung di dalam sabun dan produk pembersih, yang dikenal sebagai surfaktan, bisa berakibat buruk pada kulit sensitif. Sodium lauryl sulfate adalah pengemulsi keras yang ditemukan dalam sabun tubuh, pembersih wajah, dan sabun. Zat ini membersihkan kotoran dari kulit, namun merusak lipid yang berharga, yakni lem yang menyatukan sel-sel kulit dan menjaga kulit dari kekeringan serta kerusakan.

3. Zat kimia dalam make up
Ultramarine blue, suatu pigmen yang umum ditemukan di dalam eye shadow, dapat sedikit mengganggu kulit sensitif. Apabila Anda bermasalah dengan pigmen ini, coba menggunakan eye shadow dengan nuansa netral seperti krem atau cokelat, yang mengandung lebih sedikit pigmen kimia yang mengiritasi kulit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar