Langsung ke konten utama

Rokok di Indonesia

Penjualan rokok di Indonesia sekarang melonjak jauh lebih tinggi. Lebih banyak yang merokok. Hampir 80% orang di Indonesia dari bayi sampai lansia merokok. Itu sangat merugikan bagi kita semua. Dan itu membawa kekhawatiran oleh Departemen Kesehatan, Departemen Perlindungan Anak,  Orang-orang anti rokok, dan lain-lainnya.

Rokok dibuat dari bahan-bahan kimia dan pastinya sangat berbahaya, seperti:

1. Tembakau
    adalah genus tanaman yang berdaun lebar yang berasal dari daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Daun dari pohon ini sering digunakan sebagai bahan baku rokok, baik dengan menggunakan pipa maupun digulung dalam bentuk rokok atau cerutu. Daun tembakau dapat pula dikunyah atau dikulum, dan ada pula yang menghisap bubuk tembakau melalui hidung. Tembakau mengandung zat alkaloid nikotin, sejenis neurotoxin yang sangat ampuh jika digunakan pada serangga. Zat ini sering digunakan sebagai bahan utama insektisida.

2. Nikotin
   adalah obat yang mempunyai sifat sama seperti heroin, amfetamin, kokain. Sama saja seperti narkoba.
Sindrom ketagihan terhadap nikotin yang ditunjukkan dengan gejala gian, tolerans dan tarikan, adalah mungkin lebih hebat berbanding najis dadah.

3. Tar
   mengandungi sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanser (karsinogen). Bahan seperti benzopyrene iaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) telah lama disahkan sebagai agen yang memulakan proses kejadian kanker.

4. Karbon dioksida
  adalah gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh ekzos kenderaan. Gas ini menjejaskan bekalkan oksigen ke tisu-tisu hingga ianya menjadi terencat dan akhirnya boleh menyebabkan maut sekiranya paras karbon monoksida di dalam badan melebihi 60%.

5. Acrolein Acetone
6. Amnonia
7. Buthane
8. Methanol
9. Tolliene
10. Hexamine
11. Cadmum
12. Stearic Acid
dll..

Sebagian informasi diambil dari:
http://www.google.com
http://dedidwitagama.wordpress.com

Apabila racun rokok itu memasuki tubuh manusia ataupun haiwan, ianya akan membawa kerosakkan pada setiap organ disepanjang laluannya, iaitu bermula dari hidung, mulut, tekak, saluran pernafasan, paru-paru, saluran penghazaman, saluran darah, jantung, organ pembiakan, sehinggalah ke saluran kencing dan pundi kencing, iaitu apabila sebahagian dari racun-racun itu dikeluarkan dari badan.
Mengerikan sekali bukan? Dan mengapa kalau dari sekian banyak racun dan kimia di dalam rokok itu orang masih tetap ingin membeli dan memakainya?
Banyak orang yang bilang bahwa rokok itu manis, enak, menggirukan, pengganti snack dan sebagainya. Dan juga kalau mereka tidak merokok sehari saja. Mereka merasa ada yang kurang di mulutnya. Ada yang sepet. 
Berbagai ragam perokok merokok sekitar 12 batang sehari, 2 pack sehari, 1 pack sehari. Tapi satu batang rokok yang kita hisap. Berarti seribu racun yang kita masukan ke dalam tubuh kita, dan tidak bisa dikeluarkan. Sehingga jantung kita akhirnya menjadi seperti ini

Apa kerugian merokok:
1. Membawa penyakit seperti kanker, penyakit mulut, gigi kropos, dll.
2. Perokok mempunyai 80% kesempatan cepat meninggal
3. Membuat polusi dan global warming.
4. Boros duit. Kita membeli barang yang hanya memberikan kita penyakit? Ngapain?



Apa keuntungan merokok:
1. Membawa keuntungan bagi industri/ pabrik rokok.

Gak banyak keuntungannya kan buat kita? Pikirkan keluarga anda, anak anda, dan orang-orang yang anda cinta. Apakah anda tidak malu bila mereka tau kita merokok, bila mereka melihat kita menghisap sebuah barang seperti sedotan dengan beribu-ribu racun didalamnya?

Rokok juga terdapat di banyak sekali merek seperti marlboro, sampoerna, djarum, dll.

Saya sebagai warga negara Indonesia sangat malu saat melihat program luar negri tentang rokok di Indonesia. Indonesia adalah negara yang paling banyak perokoknya. Dari bayi sampai lansia.
Saya juga sangat-sangat kecewa saat melihat video bayi perokok di Indonesia. Bayi itu menghisap rokok di depan orang-orang, dan disebelahnya ada orangtuanya.

Mengapa tidak ada hukum atau peraturan di Indonesia mengenai rokok?
Rokok adalah salah satu narkoba juga. Karena ada nikotin, yang membuat ketagihan. Menurut saya, di Indonesia harus ada aturan dan hukumnya seperti:

1. Hanya orang-orang berumur 18 tahun keatas dan mempunyai KTP yang merokok.
2. Harga rokok di naikan menjadi 12.000 per pack.
3. Jika di warung-warung kecil melanggar peraturan, dan masih memberikan rokok kepada anak-anak dibawah umur 18. Walaupun disogok. Akan di beri saksi dan hukuman.
4. Polisi juga harus tidak boleh merokok. Karena polisi itu pekerjaannya untuk membantu kita, dan memberi keamanan. Kenapa membuat warganya sakit?
5. Di adakan polisi berpergian. Yaitu polisi yang mengecek-ngecek setiap warung di tempat-tempat tertentu. Minimal 2 kali seminggu. Dan itu tidak di tentukan hari dan tanggalnya.



Itu adalah saran, opini, tips, dan info dari saya. Semoga membantu. Karena dunia ini akan lebih baik tanpa rokok, polusi dan sebagainya. 3 dari 5 orang merokok dan bisa merokok sampai 2 pack sehari. Bukan kah itu mengerikan.

Tolong. Jika yang membaca ini seorang perokok, atau perokok. Tolong pikirkan lagi tentang hidupmu, keluargamu, dan orang lain. Apakah rokok sangat berarti?


Komentar

Pos populer dari blog ini

EXID : We're going UP and DOWN [Info & Fakta]

Okay gw sangat sangat kecewa banget, kenapa gak dari dulu gw kenal EXID!?

EXID, girl group Korea Selatan yang terdiri dari 5 member sedan mengguncang-guncang dunia k-pop dengan lagu hits nya yaitu 'UP AND DOWN'

Lets introduce them!



EXID ( dibaca EX- AI- DI) berkepanjangan EXceed In Dreaming. Debut pada February 16, 2012 dengan lagu Whoz That Girl. Awalnya membernya ada 6 yaitu : (Dari atas kiri) Hani, LE, Junghwa, Yuzi, Dami, Haeryung. Singlenya 'Holla' mendapatkan perhatian yang lumayan dari para netizen.
April 2012. Yuzi, Dami, Haeryung meninggalkan EXID dengan alasan berbeda-beda. Tetapi sekarang mereka menjadi member BESTie. Mereka digantikan oleh Solji (atau Soul. G) dan Hyelin. 
Dengan member baru ada Agustus 2012 mereka kembali dengan lagu 'I Feel Good'. Lalu pada October 2 2012 mereka mengeluarkan lagu hits 'Every Night' yang terjual sampan 105.000 digital copies.
Walaupun perhatian dari netizen kurang tetapi mereka tetap bekerja keras untuk men…

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 
Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 
Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya har…

Dari alumni DIPONEGORO 1 untuk calon murid DIPONEGORO 1

Sudah 3 tahun gw belajar dan berada di SMP DIPONEGORO 1. Kami belajar, bermain, tertawa, dan sengsara (gara-gara tugas) bareng. Nah tulisan ini buat semua anak-anak yang baru saja lulus kelas 6 SD atau lagi cari-cari SMP.

Tulisan ini juga semua opini gw dan yang setaunya gw, plus ini beberapa kenangan dan masa-masa saat gw SMP.

ABOUT THE SCHOOL

SMP DIPONEGORO berletak di Jalan. Sunan Giri No.5 Rawamangun Jakarta-Timur.
Lebih spesifik nya lagi : depannya Al-Azhar Rawamangun, sebelah kiri ada banyak warung dan Pasar Sunan Giri (jadi enak kalau mau makan-makan trus belanja karton dll), Kalau belok kiri terus lurus aja nanti ada 7Eleven atau SEVEL dan JNE (jadi bagi yang pengen nongkrong bisa, terus yg punya olshop bisa langsung kirim deh).

Jadi menurut gw SMP DIPONEGORO 1 bener-bener letaknya strategis.
SMP DIPONEGORO 1 juga di lokasikan sama dengan SMK DIPONEGORO 1 dan SMA DIPONEGORO 1. Jadi di 1 lingkungan itu ada 3 sekolah (uduh banyak yes).

SMP DIPONEGORO itu ada 2 yaitu: SMP DIPONEGO…