How many people reading my blog?

Minggu, 19 Mei 2013

Sumber Kematian Itu Bernama MIRAS


"Enam orang tewas dalam dua pekan terakhir akibat menenggak minuman keras oplosan.  Kadar alkohol minuman keras menjadi tinggi dan dapat mengakibatkan kematian," ungkap Polisi Resor Banyuwangi, Jawa Timur, Ajun Komisaris Besar Nanang Masbudi. 

Berita tentang kematian akibat minuman keras seperti di atas, tentu bukan cuma terjadi di Jawa Timur. Namun, terjadi di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri, saat ini 1 kematian dari 30 kematian, terjadi akibat kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau yang di Indonesia ini kita kenal dengan sebutan miras. 


Pasti hampir kalian semua sudah tau apa arti Miras atau Minol? Miras adalah Minuman Keras yang mengandung alcohol dan sebagainya sehingga membuat mabuk, pusing, dan tidak fokus. Selain bisa membuat buruk tubuh kita, juga dapat menambah dosa. Dengan meminum – minum keras kita juga bisa dapat kesempatan lebih cepat untuk meninggal. Karena ada zat-zat kimia di dalam tubuh kita.
Bukankah sangat buruk bagi kita?

Di Minuman Keras atau Minuman Beralkohol ada bahan-bahan atau zat – zat yang berbahaya bagi kita.

Dalam kimia, alkohol adalah istilah yang lebih umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon, yang ia sendiri terikat pada atom hidrogen dan/atau atom karbon lain. Dilihat dari gugus fungsinya ini, alkohol memiliki banyak golongan. Golongan yang paling sederhana adalah metanol dan etanol. Sampai yang rumit seperti cyclohexanol (digunakan di industry nilon) yang membentuk cincin, juga sorbitol (pemanis yang sering kita jumpai di minuman manis berkemasan) yang berupa makromolekul.

Etanol, disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolut, atau alkohol saja, adalah sejenis cairan yang mudah menguap (volatile), mudah terbakar (flammable), tak berwarna (colorless), memiliki wangi yang khas dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa ini merupakan obat psikoaktif dan dapat ditemukan pada minuman beralkohol dan termometer modern. Etanol adalah salah satu obat rekreasi yang paling tua.

Alkohol juga sebenarnya adalah obat untuk menyembuhkan penyakit luar. Tapi sebagian orang malah meminumnya. Buat apa? Kenapa? Mengapa?

Minuman keras juga sekarang ada berbagai macam. Berbagai macam rasa juga, dari yg pahit sampai lumayan manis. Saya sebenernya belum pernah mencoba dan tidak akan mencoba. Emang pentingnya miras itu apa? Ia tidak akan membawa keberuntungan untuk kita. Hanya membawa keburukan seperti:

1.    Mabuk atau tidak sadar diri
2.    Penyakitan atau sering terkena sakit
3.    Ada 40% akan terkena penyakit kanker usus atau lambung dan sebagainya
4.    Bau mulut
5.    Dosa
6.    Dijauhi orang-orang.

Itu dia. Apa untungnya? Kita menghabiskan duit kita hanya untuk membeli barang yang keburukannya sangat banyak? Itu kesenangan? Tentu tidak. Itu namanya berfoya-foya.
Saya tau anak-anak jaman sekarang memang sangat susah untuk di atur, dan mereka cenderung dibebaskan oleh orangtuanya. Sehingga melakukan hal yang tidak baik untuk usianya.
Seperti merokok atau sudah meminum-minuman keras.

Miras juga menyebabkan kanker. Dalam sebuah data tersebut, sekitar 15 persen kematian akibat kanker payudara diketahui terkait dengan konsumsi alkohol. BahwaoOrang yang sering mengonsumsi alkohol beresiko tinggi terkena kanker. Meski begitu tidak ada batasan aman untuk menggunakan alkohol, termasuk orang yang minum dalam jumlah sedang yang selama ini dinilai bermanfaat untuk jantung.


Selain kanker payudara pada wanita, kanker mulut, tenggorokan dan esofagus adalah jenis kanker yang dikaitkan dengan konsumsi alkohol pada pria. Tiap tahunnya tercatat 6000 kematian akibat kanker tersebut. Tidak cuma kanker payudara, risiko akibat minuman keras adalah kanker mulut, tenggorokan, esofagus, liver, kolon, dan kanker rektum.


Menurut para ahli dari the American Cancer Society, belum jelas sepenuhnya bagaimana alkohol meningkatkan risiko kanker.

Alkohol diyakini bertindak seperti zat kimia yang iritan pada sel sensitif dan memicu kerusakan DNA. Selain itu alkohol juga bertindak seperti pelarut untuk karsinogen lain, misalnya yang ditemukan dalam rokok, sehingga zat karsinogen itu bisa masuk sel lebih mudah.

Dr Timothy Naimi dari Departemen Kedokteran Boston (BUSM), AS, menemukan bahwa alkohol menyebabkan sekitar 20.000 kematian akibat kanker setiap tahun di Amerika. Angka ini mencapai sekitar 3,5 persen dari semua kematian akibat kanker di AS.

Tim peneliti dari peneliti dari (BUSM) dan Boston University School of Public Health  menemukan: 3,5 persen kematian akibat kanker dapat dikaitkan dengan alkohol. Hubungan antara alkohol dan kanker payudara khususnya,  yang paling sering diabaikan, kata peneliti. Namun, minuman keras diduga menyebabkan 15 persen kematian akibat penyakit tersebut. Nah, jelas sekali, miras itu sumber kematian. Masa sudah tahu sumber kematian, kita malah menyukainya?


Saya dengar pemerintah akan membuat UUD bersangkutan Minuman Keras. Saya sangat setuju soal itu karena mungkin itu akan membawa sisi positif nya. Seperti mereka membuat UUD tentang orang-orang yang meminum miras dibawah umur, Yang membawa miras dari luar tanpa sepengetahuan. Dan lain-lain. 

7 komentar:

  1. Mari kita dukung gerakan #AntiMiras untuk mendorong parlemen menetapkan RUU Miras.

    BalasHapus
  2. Keren tulisannya! Semoga menang ya...Aaamiiiiin!

    BalasHapus
  3. Yang nulis baru umur 14 tahun ya? Woooww... Keren sekali. Semoga menang di kompetisi gerakan #antimiras yaa

    BalasHapus
  4. anehnya, padahal udah tahu bahaya miras, tapi masih banyak juga yg menegak miras. terakhir di berita di tipi, anak2 pelajar, minum2an di depan kantor dprd. udah pada gak waras gara2 miras.

    BalasHapus
  5. Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu
    Emanen nyawamu, ojo mbok terus2ke
    Mergane ora ono gunane.... ;)

    Wiwik Sagita - Oplosan.

    Thanks for share. :)

    BalasHapus
  6. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl: Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    BalasHapus