How many people reading my blog?

Jumat, 21 Juni 2013

Pembakaran Hutan

Saya baru dengar, hari ini di Singapura ada udara yang beracun keluar. Dan itu tidak hanya sebentar, tapi lumayan lama. Orang-orang di Singapura terpaksa memakai masker untuk mencegah bau tidak sedap, dan udara beracun tersebut. Memang apa sih penyebabnya?

Katanya udara itu di sebabkan pembakaran hutan di Sumatra. Iya, Sumatra Indonesia. Di Hutan-hutan Indonesia memang banyak sekali pembakaran hutan dan penebangan hutan. Dan itu harus dihentikan. Sebenernya memang kasian sekali Singapura yang menghirup udara tidak segar itu, tapi jika kita tidak membakar hutan itu? Mereka juga yang kasian.

Tidak punya kertas, kardus, tissue? Itu semua berasal dari Kayu. Dan kayu dari...? Ya pohon.
Pohon yang kita tebang. Kita bakar. Dan tidak kita rawat.
Seharusnya kita jaga dengan baik, kita rawat. Jangan sampai 10 tahun dari sekarang, kita tidak bisa melihat hutan lagi, pohon lagi.

Makanya dari sekarang kita harus menjaga hutan. Karena Indonesia dan Amazon/ Afrika adalah satu-satunya negara yang mempunyai hutan tropis terbesar. Dan itu harus kita rawat. Boleh saja kita menebang pohon, asal di tanam kembali. Kita harus berhemat menggunakan kertas, tidak menggunakan plastik, dan menghemat listrik.

Pemerintah Singapura dan Indonesia sedang mencari cara untuk kejadian ini tidak terjadi lagi. Ini sangat menganggu aktifitas orang-orang. Bukan hanya Singapura yang kena. Malaysia, Brunei pasti mereka juga sudah kena. Selagi pemerintah sedang mencari cara agar masalahnya di kendalikan, kita juga harus membantu dengan cara menjaga lingkungan.

Sista,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar