Langsung ke konten utama

5 Tips Masuk SMP


Hei guys! Gw pengen bikin 5 tips masuk SMP ini buat kalian semua yang baru masuk atau mau masuk SMP. Cieee yang pake putih-biru sekarang. Tinggalin putih-merahnya. Hahaha. Ini semua berdasarkan pengalaman 3 tahun SMP gw, jadi ya semoga berguna :)

1. Ketahuilah SMP yang ingin kamu tempati
Kamu harus tau SMP yang ingin kamu tempati gak harus sejarah panjangnya, yang penting eksul di sekolah itu atau fasilitasnya atau prestasinya. Biasanya kalo kayak gw itu nyari sekolah pertama lihat ekskul yang mereka ada (seperti tari modern, gamelan, pencak silat, PMR, dll) dan fasilitasnya! Dan semoga toiletnya bersih dan lumayan gede.
Dan kamu juga harus pernah sekali ke SMP itu sebelum kamu bener-bener masuk ke sekolah tersebut di hari pertama kamu. Agar kamu tahu aja sendiri dan eksplor sekolahnya :)

2. Kenali atau Buatlah teman sebanyak-banyaknya
Manusia itu memang butuh teman karena manusia bukan makhluk anti-social mereka membutuhkan sesama. Nah kita di awal masuk ini pasti ada acara seperti MOS atau MOPDB saat yang tepat untuk membuat teman. Jangan takut untuk membuat langkah pertama, daripada menunggu orang untuk mengajak kamu kenalan mendingan coba kamu dulu. Coba dialog simple ini:
-"Eh sorry, hi aku..... nama kamu?"
- "Team siapa?" (kalau di MOPDB atau MOS ada team-teaman
- "Kamu gak ikut games itu/ quiz itu?"
- "Oh hahaha, sekolah dimana?"

Yang pasti senyum terus dan bercanda dikit, kalau memang orang/ teman yang ingin kamu dekati ia merasa tidak enak atau menjauh atau membuat ekspresi aneh berarti kamu harus menjauh saja mungkin ia belum tertarik atau agak aneh mencari teman baru :) Masih banyak teman disana

3. Buatlah koneksi dengan guru
Buatlah koneksi dengan guru, gak harus semua guru. Minimal guru dari 1 pelajaran yang kamu suka. Kamu harus bikin koneksi bagus dengan tanya-menanya tentang yang diterangkan beliau, atau tugas apa saja. Yang penting hormati dan rendah hati. Pasti beliau juga akan meng-hormati kamu.
Gak papalah jadi teacher pet yang kadang-kadang disuruh-suruh melulu sama guru. Mungkin kalian dapat nilai tambahan :)

4. Bagi waktu!
Kamu harus pintar-pintar bagi waktu seperti:
- Bagi waktu antara teman dan keluarga
- Bagi waktu antara senang-senang/main-main dan serius
- Bagi waktu antara bermain komputer/PS/dll dan belajar

Ini sangat penting karena kita harus menyeimbangkan hidup dan aktifitas kita. Ada seneng ada serius ada fokusnya. Gw saranin kalau pas SEKOLAH kamu seriusss aja sama belajar dan memahamin yg dipelajarin. Kalau udah ISTIRAHAT sehabis belajar gitu baru deh boleh main sama temen, makan (yaiyalah namanya istirahat). Sehabis pulang sekolah kamu istirahat sebentar (entah tidur, main, ngobrol) sekitar 2-4 jam biar energynya terkumpul. Abis itu siapin buku buat besok sekolah, dan belajar. Minimal 1 jam lah, membahas yang tadi dibahas:)

5. Mulai serius dari awal
Walaupun kamu masih kelas 7 (atau Awal masuk SMP) kamu harus tetep serius dengan tugas, pelajaran, dan pekerjaan sekolah kamu. Jangan mentang-mentang kamu masih kelas 7, jadi gak papa kalau lebih banyak main-mainnya.
NO. WRONG. Nilai kelulusan kamu dihitung mulai dari kelas 7. Nilai tugas, ulangan, dan akhlak. Jadi harus kerja keras

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

Halo kembali para pejuang ilmu.
Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.
Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.
Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 
Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.
Pokoknya masukin semua informasi …

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 
Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 
Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya har…

Cara menjadi atau memeluk agama Islam

Sebelum langung menuju ke cara masuk/menjadi Islam...

1. Pastikan bahwa anda ingin masuk atau beragama Islam karena keinginan anda sendiri.
2. Anda sudah mencari informasi tentang Islam dan bertanya-tanya kepada teman Islam/Ustad/Ustadzah/Ulama terpercaya.
3. Meyakini bahwa Tuhan hanya ada satu dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.
4. Mengetahui atau setidaknya pernah membaca rukun iman dan rukun islam.

Jika semua sudah , kau siap.


INFORMASI CEPAT MENGENAI ISLAM
Nama Agama : Islam
Tuhan : Allah SWT
Nama Penganut /Pengikut : Muslim (laki-laki), Muslimah (perempuan)
Kitab Suci : Kitab Taurat Kitab Zabur, Kitab Injil, Al Quran (yang sangat wajib).
Nabi : Ada 25 Nabi yang wajib diketahui, dan lebih banyak lagi Nabi-nabi lainnya
Ibadah wajib: Sholat (doa, puasa, dan masih banyak lagi)
Tempat Ibadah:  Masjid, Musholla
Pusat Ibadah : Mekkah, Ka'bah.




Cara memeluk agama Islam adalah dengan membaca dua kalimat syahadat Asyhadu al laa ilaaha illa-ullah wa asyahdu anna muhammadar-rasulu-llah da…