How many people reading my blog?

Sabtu, 28 Desember 2013

5 Tips Masuk SMP


Hei guys! Gw pengen bikin 5 tips masuk SMP ini buat kalian semua yang baru masuk atau mau masuk SMP. Cieee yang pake putih-biru sekarang. Tinggalin putih-merahnya. Hahaha. Ini semua berdasarkan pengalaman 3 tahun SMP gw, jadi ya semoga berguna :)

1. Ketahuilah SMP yang ingin kamu tempati
Kamu harus tau SMP yang ingin kamu tempati gak harus sejarah panjangnya, yang penting eksul di sekolah itu atau fasilitasnya atau prestasinya. Biasanya kalo kayak gw itu nyari sekolah pertama lihat ekskul yang mereka ada (seperti tari modern, gamelan, pencak silat, PMR, dll) dan fasilitasnya! Dan semoga toiletnya bersih dan lumayan gede.
Dan kamu juga harus pernah sekali ke SMP itu sebelum kamu bener-bener masuk ke sekolah tersebut di hari pertama kamu. Agar kamu tahu aja sendiri dan eksplor sekolahnya :)

2. Kenali atau Buatlah teman sebanyak-banyaknya
Manusia itu memang butuh teman karena manusia bukan makhluk anti-social mereka membutuhkan sesama. Nah kita di awal masuk ini pasti ada acara seperti MOS atau MOPDB saat yang tepat untuk membuat teman. Jangan takut untuk membuat langkah pertama, daripada menunggu orang untuk mengajak kamu kenalan mendingan coba kamu dulu. Coba dialog simple ini:
-"Eh sorry, hi aku..... nama kamu?"
- "Team siapa?" (kalau di MOPDB atau MOS ada team-teaman
- "Kamu gak ikut games itu/ quiz itu?"
- "Oh hahaha, sekolah dimana?"

Yang pasti senyum terus dan bercanda dikit, kalau memang orang/ teman yang ingin kamu dekati ia merasa tidak enak atau menjauh atau membuat ekspresi aneh berarti kamu harus menjauh saja mungkin ia belum tertarik atau agak aneh mencari teman baru :) Masih banyak teman disana

3. Buatlah koneksi dengan guru
Buatlah koneksi dengan guru, gak harus semua guru. Minimal guru dari 1 pelajaran yang kamu suka. Kamu harus bikin koneksi bagus dengan tanya-menanya tentang yang diterangkan beliau, atau tugas apa saja. Yang penting hormati dan rendah hati. Pasti beliau juga akan meng-hormati kamu.
Gak papalah jadi teacher pet yang kadang-kadang disuruh-suruh melulu sama guru. Mungkin kalian dapat nilai tambahan :)

4. Bagi waktu!
Kamu harus pintar-pintar bagi waktu seperti:
- Bagi waktu antara teman dan keluarga
- Bagi waktu antara senang-senang/main-main dan serius
- Bagi waktu antara bermain komputer/PS/dll dan belajar

Ini sangat penting karena kita harus menyeimbangkan hidup dan aktifitas kita. Ada seneng ada serius ada fokusnya. Gw saranin kalau pas SEKOLAH kamu seriusss aja sama belajar dan memahamin yg dipelajarin. Kalau udah ISTIRAHAT sehabis belajar gitu baru deh boleh main sama temen, makan (yaiyalah namanya istirahat). Sehabis pulang sekolah kamu istirahat sebentar (entah tidur, main, ngobrol) sekitar 2-4 jam biar energynya terkumpul. Abis itu siapin buku buat besok sekolah, dan belajar. Minimal 1 jam lah, membahas yang tadi dibahas:)

5. Mulai serius dari awal
Walaupun kamu masih kelas 7 (atau Awal masuk SMP) kamu harus tetep serius dengan tugas, pelajaran, dan pekerjaan sekolah kamu. Jangan mentang-mentang kamu masih kelas 7, jadi gak papa kalau lebih banyak main-mainnya.
NO. WRONG. Nilai kelulusan kamu dihitung mulai dari kelas 7. Nilai tugas, ulangan, dan akhlak. Jadi harus kerja keras

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar