Langsung ke konten utama

Dari alumni DIPONEGORO 1 untuk calon murid DIPONEGORO 1

Sudah 3 tahun gw belajar dan berada di SMP DIPONEGORO 1. Kami belajar, bermain, tertawa, dan sengsara (gara-gara tugas) bareng. Nah tulisan ini buat semua anak-anak yang baru saja lulus kelas 6 SD atau lagi cari-cari SMP.

Tulisan ini juga semua opini gw dan yang setaunya gw, plus ini beberapa kenangan dan masa-masa saat gw SMP.

ABOUT THE SCHOOL

SMP DIPONEGORO berletak di Jalan. Sunan Giri No.5 Rawamangun Jakarta-Timur.
Lebih spesifik nya lagi : depannya Al-Azhar Rawamangun, sebelah kiri ada banyak warung dan Pasar Sunan Giri (jadi enak kalau mau makan-makan trus belanja karton dll), Kalau belok kiri terus lurus aja nanti ada 7Eleven atau SEVEL dan JNE (jadi bagi yang pengen nongkrong bisa, terus yg punya olshop bisa langsung kirim deh).

Jadi menurut gw SMP DIPONEGORO 1 bener-bener letaknya strategis.
SMP DIPONEGORO 1 juga di lokasikan sama dengan SMK DIPONEGORO 1 dan SMA DIPONEGORO 1. Jadi di 1 lingkungan itu ada 3 sekolah (uduh banyak yes).

SMP DIPONEGORO itu ada 2 yaitu: SMP DIPONEGORO 1 di RAWAMANGUN, dan SMP DIPONEGORO 2 di CAKUNG.

Kepala sekolahnya Bapak Suparno S.Pd. SMP DIPONEGORO 1 bukan SMP yang khusus Islam, sebenarnya umum cuma karena banyak yang muslim jadi ya kelihatan kayak SMP Islam gitu.

TRADISI

SMP DIPONEGORO sudah berdiri dari 50 tahun yang lalu, dan dulu mereka sering di sebut Parple (haha wtf). Di SMP ini juga ada tradisi-tradisi yang dari dulu di jalani dan sekarang juga masih di jalani. Seperti:

1) Salim tangan setiap pagi sebelum masuk kelas.
Pagi-pagi di gerbang pagar sudah berjejer guru-guru, dari mulai guru SMP SMK dan SMA. Kita harus salim ke semua guru itu setiap pagi sebelum sekolah.
2) Check kelengkapan.
Sesudah kita salim tangan di gerbang tersebut, pasti dibelakang gurunya atau menuju ke kelas ada osis. Nanti kita ditanyai dan di check kelengkapan kita. Apakah atribut kita sudah lengkap? (belt/ ikat pinggang, dasi, topi,dll)
3) Sholat Dhuha
Setiap jam 9 sebelum istirahat, para murid SMP DIPONEGORO 1 selalu sholat Dhuha.
4) Sholat Dzuhur
Setiap jam 12.30 sebelum istirahat, para murid juga selalu sholat Dzuhur berjamaah.
5) Dzikir Kamis
Setiap Kamis anak murid SMP DIPONEGORO 1 juga pagi- pagi sekitar jam 06.00 sudah berkumpul di Aula untuk dzikir bersama.
6) BIMBEL Sabtu
Nanti yang sudah kelas 9 untuk persiapan UN, setiap Sabtu di adakan Bimbingan Belajar atau PM sekolah. Guru nya pun dari sekolah sendiri, dan Bimbel itu tidak dipungut biaya apapun.

Semua tradisi itu memang susah buat di lakukan dan pasti pas baca kalian semua juga berpikir "Yaampun, sekolahnya mandiri banget" atau "Yaelah, banyak banget sih". TAPI kalau udah terbiasa kayak gitu pasti biasa-biasa aja kok. Toh gw sekarang masih seneng-seneng aja, masih hidup alhamdulillah.

GURU - GURUNYA
Seperti di sekolah- lain pasti ada guru yang baik, baik banget, dan tegas. Yang gue suka di DIPONEGORO 1 itu guru-gurunya mungkin keliatan keras dan prankster banget, tapi mereka tetep perhatian sm muridnya dan mendengarkan cerita atau curhat murid-muridnya. Murid-murid bebas berekspresi dan curhat ke gurunya (ya asal masih sopan dan dengan bahasa yang bagus).






Udah segitu dulu ya, udah banyak bicara kayaknya disini.
Semoga yang membaca jadi lebih mengenal SMP Diponegoro 1! Semangat!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 
Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 
Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya har…

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

Halo kembali para pejuang ilmu.
Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.
Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.
Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 
Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.
Pokoknya masukin semua informasi …

EXID : We're going UP and DOWN [Info & Fakta]

Okay gw sangat sangat kecewa banget, kenapa gak dari dulu gw kenal EXID!?

EXID, girl group Korea Selatan yang terdiri dari 5 member sedan mengguncang-guncang dunia k-pop dengan lagu hits nya yaitu 'UP AND DOWN'

Lets introduce them!



EXID ( dibaca EX- AI- DI) berkepanjangan EXceed In Dreaming. Debut pada February 16, 2012 dengan lagu Whoz That Girl. Awalnya membernya ada 6 yaitu : (Dari atas kiri) Hani, LE, Junghwa, Yuzi, Dami, Haeryung. Singlenya 'Holla' mendapatkan perhatian yang lumayan dari para netizen.
April 2012. Yuzi, Dami, Haeryung meninggalkan EXID dengan alasan berbeda-beda. Tetapi sekarang mereka menjadi member BESTie. Mereka digantikan oleh Solji (atau Soul. G) dan Hyelin. 
Dengan member baru ada Agustus 2012 mereka kembali dengan lagu 'I Feel Good'. Lalu pada October 2 2012 mereka mengeluarkan lagu hits 'Every Night' yang terjual sampan 105.000 digital copies.
Walaupun perhatian dari netizen kurang tetapi mereka tetap bekerja keras untuk men…