Langsung ke konten utama

Lomba M-Edukasi 2015 di Semarang [Pengalaman]

 Tanggal 16 Oktober 2015, hati saya sangat berdebar-debar. Tidak sabar sekaligus gugup berpresentasi tentang aplikasi yang saya buat di depan juri. Sebenernya bukan 'saya' yang mempresentasikan, melainkan Kakak kelas saya Kak Reza yang mewakili tim saya 'TEAM SAR' dan juga salah satu perwakilan 'SMKN 40'.

Berawal dari yang tadinya hanya mengikuti lomba ini sebagai hanya perwakilan SMKN 40 saja. Saya awalnya di bujuk oleh guru saya agar mengikuti lomba ini. Awalnya saya tidak tertarik, biasa saja dengan lomba ini. Saya juga belum terlalu mahir tentang software software pembuat aplikasi ini. Akhirnya 3 hari berlatih dan dilatih saya jadi lebih mengerti dan disitu mulai proses pembuatan aplikasi YES yang saya buat.

Aplikasi yang saya buat bernama YES [Your English Space] Aplikasi untuk membantu anak-anak usia dini sekitar 3-6 tahun belajar english. Belajarnya juga belajar speaking dan reading. Di Aplikasi tersebut anak-anak diberi keleluasaan untuk memencet tombol apa saja dan bisa bermain sambil belajar. Design-design yang diberi di aplikasi itu juga cukup digemari kalangan anak-anak muda maupun senior di jaman ini, yaitu flat design. Materi yang kami sajikan cukup banyak ada Animals, House, Geometry, Color, Animals, Number, dan Alphabet.



Kembali ke lomba. Lomba M-Edukasi 2015 yang di selenggarakan oleh Kemdikbud berawal dari Pertengahan Juni sampai 1 September 2015. Ada 3 kategori yaitu kategori pelajar, umum, dan guru. Alhamdulillah dari 388 tim/peserta, kemudian disaring menjadi 45 tim/peserta, lalu disaring lagi menjadi 15 tim. Alhamdulillah saya dan tim masuk ke 15 besar.


Dapatlah kami undangan ke Grand Final M Edukasi 2015 yang diadakan di Semarang. Kebetulan kami di sekolah ada dua tim yang mengikuti lomba tersebut, dan alhamdulillah dua-duanya masuk ke 15 besar. 

Mulailah perjalanan kami ke Semarang 2 tim, 6 orang bersama 2 pembimbing yaitu guru kami. Jadi rombongan kami ada 8 orang, pergi ke Semarang memakai jasa kereta api. 




Kami menginap di hotel Pandanaran. Hotel itu juga dipakai untuk lomba m-edukasi tersebut jadi kita langsung enak saja. Menginap di tempat itu dan juga lomba di aula hotel tersebut, tidak perlu transportasi. Kami tidak terlalu berwisata atau jalan-jalan banyak di Semarang lebih fokus ke lomba terdahulu. Paling keluar sebentar hanya untuk makan-makan saja.


Tanggal 16 oktober adalah hari presentasi semua tim. Mempresentasikan tentang aplikasi yang sudah mereka buat. 







Walaupun bukan saya yang maju, tetapi perasaannya.. tetaplah deg-degan.

Barulah hari terakhir di Semarang yaitu 17 Oktober 2015 adalah hari pengunguman pemenang sekaligus penerimaan hadiah. 

Alhamdulillah

wa syukurillah.

Tim saya mendapatkan Juara 2 M-Edukasi Kategori Pelajar Tingkat Nasional!!!  *happiness*



Berkat kerja keras, dukungan teman-teman, dukungan keluarga dan juga dukungan dari sekolah :)

I feel really blessed!
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Agama [Kristen, Islam, Budha, Hindhu, Konghucu]

  Di dunia ini ada sekitar 10 agama, dan di Indonesia hanya 5 agama yang di akui.  Tetapi walaupun berbeda kitab, tuhan, kepercayaan, ibadah, agama -agama ini mempunyai persamaan.  1. Mempunyai tempat untuk beribadah 2. Mempercayai adanya kehidupan setelah kematian (Surga, Neraka ataupun dilahirkan lagi dengan fisik yang berbeda) 3. Takut dengan dosa 4. Mempercayai bahwa ada pembuat alam semesta beserta makhuk-makhluknya. Jadi mengapa membuat kerusuhan? Membuat masalah?

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu.  Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN. Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film).  Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online.  Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.3

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

  Halo kembali para pejuang ilmu. Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar. Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN . Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film. Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi.  Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email. Pok