Langsung ke konten utama

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 

Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 

Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 

Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya harus sampai sana jam 8 untuk registrasi ulang atau setidaknya memperlihatkan kartu ujian saya.
Karena saya berdomisili di Jakarta Pusat sementara UMN di Serpong, Tangerang sana. Saya harus berangkat dari jam 6 agar terhindar dari macet dan sebagainya. Untung ada teman saya yang bisa diandalkan dan kami berdua naik motor sampai kaki pegel ke Serpong. Dengan hanya bermodalan GPS dan Handphone kami selamat sampai UMN jam 8.

Setelah registrasi saya langsung masuk ke ruang 803 salah satu ruang kelas untuk Ujian. Ujiannya merupakan ujian tertulis. Ada Logika, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia.
Dalam waktu 3 jam itu saya mengantuk tetapi tetap mengerjakan soalnya sebisa mungkin. Jujur saya tidak terlalu siap menghadapi ujian ini , tidak banyak persiapan dan uji coba soal-soal untuk menghadapi ujian ini. Tetapi saya berdoa dan mencoba dengan keras. 

Saya akan memberi beberapa contoh soal Tes Beasiswa UMN dibawah.

Setelah semua tes selesai. Peserta ujian di beri waktu 30 menit untuk istirahat. Lalu bagi yang jurusan minatnya Film dan DKV ada tes tambahan yaitu tes menggambar. Film di beri dua pilihan lagi Director/New Media dan Animasi.

Saya memilih New Media dan disuruh untuk membuat storyboard serta meneruskan plot ide yang sudah ada. 

Jika New Media lebih dinilai ceritanya, jika Animasi lebih dinilai gambarannya. Jadi kalau kalian semua ingin New Media tapi gambarnya jelek atau stickman tidak apa apa. Yang penting jelas.

Okay langsung saja ke soal-soal Tes Beasiswa UMN, untuk Tes rata-rata semua jurusan sama cuma dibedakan dengan tes gambar dan wawancara. Ada yang dapat ada yang tidak.

Bahasa Indonesia paling berita, lalu antonim sinonim, Kalimat Efektif dan tidak efektif.
Bahasa Inggris itu membaca cerita juga, Melengkapi kalimat, dan membenarkan kalimat yang salah

Matematika dan Logika yang saya bilang paling... hmm..
Matematika banyak soal-soal peluang, lalu soal subtitusi dan eliminasi, bidang juga seperti luas persegi dll, Bidang diagonal, lalu perbandingan umur, ada juga Aritmatika dan Geometri.

Contoh SOAL=
1. 4 Tahun yang lalu jumlah usia 2 orang bersaudara adalah 27 tahun, 11 tahun yang akan datang 2 kali usia yang tua sama dengan 2 kali usia yang muda ditambah 6 tahun...

2. Persegi ABCD, diagonal AC dan BD berpotongan  di T.S adalah tengah-tengah CT. Jika 0 adalah sudut TBS, maka nilai tan 0 adalah...

3. Setahun menabung uang A Rp.300.000 lebih kecil dibanding B. Lalu uang C Rp.200.000 lebih besar dibanding D. Jika D adalah 500.000 gabungan tabungan C &D = 2 x A. Maka besar tabungan B?

4. u1 adalah 6, dan u5 adalah 96. Berapa jumlah suku pertama sampai suku kelima?


Ehem. Alhamdulillah setelah 1 bulan pengunguman saya mendapatkan beasiswa 50% 


Good luck kalian semua para pejuang!!! :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

Halo kembali para pejuang ilmu.
Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.
Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.
Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 
Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.
Pokoknya masukin semua informasi …

Dari alumni DIPONEGORO 1 untuk calon murid DIPONEGORO 1

Sudah 3 tahun gw belajar dan berada di SMP DIPONEGORO 1. Kami belajar, bermain, tertawa, dan sengsara (gara-gara tugas) bareng. Nah tulisan ini buat semua anak-anak yang baru saja lulus kelas 6 SD atau lagi cari-cari SMP.

Tulisan ini juga semua opini gw dan yang setaunya gw, plus ini beberapa kenangan dan masa-masa saat gw SMP.

ABOUT THE SCHOOL

SMP DIPONEGORO berletak di Jalan. Sunan Giri No.5 Rawamangun Jakarta-Timur.
Lebih spesifik nya lagi : depannya Al-Azhar Rawamangun, sebelah kiri ada banyak warung dan Pasar Sunan Giri (jadi enak kalau mau makan-makan trus belanja karton dll), Kalau belok kiri terus lurus aja nanti ada 7Eleven atau SEVEL dan JNE (jadi bagi yang pengen nongkrong bisa, terus yg punya olshop bisa langsung kirim deh).

Jadi menurut gw SMP DIPONEGORO 1 bener-bener letaknya strategis.
SMP DIPONEGORO 1 juga di lokasikan sama dengan SMK DIPONEGORO 1 dan SMA DIPONEGORO 1. Jadi di 1 lingkungan itu ada 3 sekolah (uduh banyak yes).

SMP DIPONEGORO itu ada 2 yaitu: SMP DIPONEGO…