Langsung ke konten utama

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017


Halo kembali para pejuang ilmu.

Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.

Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film.
Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.

Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 

Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.

Pokoknya masukin semua informasi dan biodata-biodata kita yang disuruh, lalu masukan juga nomor ijazah/Surat Keterangan Asal Sekolah, upload pasfoto, KK, dll. Jangan lupa bayar biaya pendaftaraan yaitu Rp.250.000 ke bank/atm lalu upload hasilnya ke websitenya pula. Setelah semuanya selesai, kita akan kartu ujian online atau belum official. Untuk mendapatkan kartu ujian yang asli harus ke IKJ-nya dan memberi kelengkapan kita lagi dan juga karya-karya kita. Lengkapnya bisa cek di websitenya atau email bagi kalian yang sudah mendaftar.

Salah satu kelengkapannya adalah seperti Surat Bebas dari Narkoba dan Surat Berbadan Sehat Jasmani. IKJ sekarang mengharuskan mahasiswanya membuat surat seperti itu sebelum masuk. Jika ada mahasiswa yang memakai narkoba langsung di DO Drop Out. Biaya untuk membuat surat seperti itu tidaklah mudah, dan hanya ada di beberapa rumah sakit. Biaya yang saya keluarkan untuk surat itu Rp. 542.000 dua-duanya. Lumayan bukan? 😅😰

"IKJ Yang dulu bukanlah yang sekarang~"


Setelah semuanya selesai di urus, karya-karya saya juga sudah di print pergilah saya ke IKJ untuk mengambil kartu ujian pada hari Jumat.
By the way, Saya mengurus surat-surat yang penting seperti Surat Bebas dari Narkoba, Surat Berbadan Sehat Jasmani , dan SKCK sekitar 3 hari. Karena untuk yang di RSUD itu kan butuh waktu juga untuk dapat hasilnya gabisa sehari jadi.

Hari Sabtu 29 April 2017,
Saya mengikuti ujian masuk IKJ FFTV. Ada dua tes yaitu Tes Tertulis dan Tes Wawancara.

Tes Tertulis
Ditayangkan film dan kita harus menonton film tersebut. Setelah menonton nanti di beri soal dan lembar jawaban untuk menjawab soal tersebut. Soalnya itu tentang film juga jadi pastikan anda semua menonton filmnya dengan teliti dan serius!

Tes Wawancara
Satu per satu orang nanti dipanggil ke ruangan untuk di wawancara oleh staff/karyawan IKJ. Nanti ditanya tentang kita, mengapa minat kita di FFTV, kalau terpilih masuk FFTV mau ngambil jadi apa, lalu di tanya juga karya-karya kita, dll.

Pengunguman akan di beri tau 2 minggu setelah tes lewat website dan email pribadi kita.
Setelah itu selesai! Selamat masuk FFTV IKJ bagi yang berminat!


**UPDATE!


Dan Alhamdulillah sekali saya lulus masuk IKJ FFTV dan masuk 3 besar nilai tertinggi ujian masuk IKJ.

Selamat berjuang semuanya!

Komentar

  1. mau nanya itu karya yg diserahkan seperti apa ya? boleh gak klo berbentuk skenario?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok. Skenario, naskah, makalah, cerpen, dll apapun karya yang berbau Multimedia/Film boleh. Kalau ada film pendek dll bisa dimasukkan ke CD atau flashdisk

      Hapus
    2. Kak harus punya karya ya kak kalo mau masuk IKJ?

      Hapus
  2. mo tnya klo surat dan smua kelengkapannya dimasukkin pas mau ikut tes atau setelah pengumuman? terima kasih

    BalasHapus
  3. Mau nanya kemungkinan lulusnya brp persen yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika niat, doa, dan lumayan mengerti tentang perfilman (dan ditambah dengan prestasi akademik maupun non akademik) sekitar 88%

      Hapus
  4. Hi mau nanya,untuk surat bebas narkoba nya boleh dari RSUD ga ya? Atau harus dari Rs. fatmawati,RSKO,dan bnn saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat keterangan selanjutnya di website ya :). Di BNN sudah tidak membuat surat bebas narkoba lagi.

      Hapus
  5. Wawancaranya pake bahasa inggris?

    BalasHapus
  6. saya mau tanya dong. saya punya karya film tapi bahasa Manado.. itu bsa di terima ga ya? trus kira" presentase llus saya brpa prsen ? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau berapa presentasi lulusnya. Tetapi untuk memasukan karya film bahasa Manado gak papa kok bisa.

      Hapus
    2. udah bill diterima kok wkwkwkwkwk

      Hapus
  7. Berarti maba baru ikj dong? Periode 1 ya?

    BalasHapus
  8. Wktu cek kesehatan berbadan sehat & surat keterang bebas narkoba, Nadhira cek di RSUD mana?
    Thx :)

    BalasHapus
  9. Mau nanya kalo karya karya seni kita kalo foto foto aja gitu boleh ga ya ? Soalnya awam di dunia perfilman tapi berminat banget kesana. Makasihh

    BalasHapus
  10. kalo mau daftar tapi nggak punya prestasi bisa nggak ya

    BalasHapus
  11. Thanks so much udah mau share

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. kalau hasil karyanya berupa komik / gambar² animasi bisa gak?

    BalasHapus
  14. Bang mau nanya dong, kalo setelah kita upload berkas yg di foto, lalu untuk ngasih berkas persyaratan seperti FC rapot surat keterangan sehat dll itu gmana ya?

    BalasHapus
  15. nadhira, aku jg mau tes fftv ikj dan berniat nanya2 kamu sedikit. kebetulan aku ikutnya yg gelombang akhirnih. aku boleh tanya2?? kalau boleh tolong contact aku di marsya18@outlook.com trimakasih banyak! :)

    BalasHapus
  16. mau nanya,semisalnya kita mau daftar ikj tpi dlm bidang seni musik gimana ya? Mksdnya apakah prosedurnya sama kek begini atau beda? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosedurnya kurang lebih sama. Seperti yg DKV disuruh gambar dll. Pastinya beda fakultas/bidang ya disesuaikan juga ujiannya

      Hapus
  17. Mauuu nanya dong, itu tes tertulisnya soalnya berkaitan sama film yang diputar atau tentang wawasan umum tentang film tapi ga ada di dalam film yang diputar?

    BalasHapus
  18. Kak, kalo masuk IKJ nilai SBNPTN berpengaruh besar kah? Atau cuma test2 di atas saja yang masuk perhitungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SBNPTN? Maksudnya Nilai UN mngkin? kalo SBNPTN kan itu buat Perguruan Tinggi Negeri sementara IKJ itu Swasta jadi ya gak ngaruh, ngaruhnya itu saat tes masuk IKJnya sendiri. Kalo nilai UN/Raport iya ngaruh

      Hapus
    2. Kalau nilai rapor yang pengaruh itu nilai mapel apa aja? Atau semuanya?

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. mas misal saya punya piagam,namun piagamnya bukan dapat dari hasil ikut festival film,tapi piagam yang ikut lomba olahraga apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja kok, tetapi untuk masalah penilaian saya tidak bisa yakin karena ya.... saya bukan karyawan IKJnya melainkan mahasiswanya

      Hapus
    2. Boleh nanya kk.disekolah saya ikut anggota tari paduan suara dan musik seperti marching band,tapi saya ingin sekali masuk perfilman kk.apa itu bisa

      Hapus
    3. Boleh nanya kk.disekolah saya ikut anggota tari paduan suara dan musik seperti marching band,tapi saya ingin sekali masuk perfilman kk.apa itu bisa

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Selamat ya! Semoga sukses selalu di FFTV IKJ. Saya mau tanya2 seputar biaya awal masuk dan persemester di FFTV IKJ kirakira kakaknya keberatan tidak ya? Kl iya, gapapa juga sih hehe.

    BalasHapus
  23. mau tanya kak, misalnya kalau cuma cerpen" yang pernah di buat di sekolah atau foto" yang enggak ada penghargaannya itu bisa enggak?

    BalasHapus
  24. Test nya hajya itu saja kak? Apakah ada test akademik juga? Atau diambil dari nilai rapot UN doang?

    BalasHapus
  25. Test nya hajya itu saja kak? Apakah ada test akademik juga? Atau diambil dari nilai rapot UN doang?

    BalasHapus
  26. Kak,klo karyanya berupa blog(no copyright)karya sendiri,boleh gk?
    WA:082218969120
    Biar mudah����

    BalasHapus
  27. Kuota yang diterima berapa ya kak?

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Ada yang ikut PMB 2018 Gelombang 1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tidaj ada sertifikat pendukung bagaimana?

      Hapus
    2. Kalo tidaj ada sertifikat pendukung bagaimana?

      Hapus
    3. Boleh minta kontaknya gk? WA, Ato gk telegram...

      Hapus
  30. Waah.. Jujur, hampir lupa ngucapin terimakasih atas info tesnya... Dan lagi alhamdulillah aku ngenak di glombang 1, peringkat 1 lagi :D, makasih banyak buat blog ini.. (Sangat membantu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mau tanya dong, saya daftar gelombang dua nih, situ ngasih portofolio dalam bentuk apa? Film? Atau naskah? Atau yg lain?

      Hapus
    2. Oiya terus saingannya berapa orang waktu itu? Btw, selamat ya diposisi pertama

      Hapus
    3. Yo bro.. Kebetulan niih.. Untuk yang gelombang 1 klo gk salah 80 orang yang lolos sekitar 60an, dan sepertinya yang gelombang 2 ada 80an juga ya.. Oiya tgl 9 gelombang 2 pengumuman kelulusan. Biasanya dpt email pas tengah malem jadi tungguin aja dulu.. Terimakasih, satu lagi.. Bisa langsung add line id : cooryashshelby

      Untuk memudahkan berbagi pengalaman

      Hapus
    4. Sama. Aku jg lolos di gelombang 1 👍🏻

      Hapus
    5. tanya seputar tes ikj 2019 ??

      ID line : cooryashshelby (Low Resp)
      whatsapp : 08819315792 (Fast Resp)

      just trying to help :)

      Hapus
    6. Hi Coory Ash Shelby Mahbubi, maaf baru balas. baru lihat komentar-komentar kembali. Sama-sama! Selamat datang di IKJ (kayaknya kamu udh semester 3 sekarang, haha) Semoga bisa tahan disini.

      Hapus
  31. Permisi aku mau tanya nih, aku ikut program ikj, soal beasiswa apakah dengan kosan nya juga? Kalo ngga apakah ada tempat kos khusus mahasiswa?

    BalasHapus
  32. Bagi kontak dong
    Yang calon mahasiswa 2018 nya

    BalasHapus

  33. Saya mau tanya, jika nilai raport tidak ada gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar memudahkan menjawab pertanyaan yang akan mendatang bisa silahkan add line idku : cooryashshelby

      Hapus
  34. Pengumpulan berkas dilakukan saat waktu pelaksanaan tes ya gan? Mohon infonya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya baru bisa nanggepin, padahal dah lewat tesan glombang 2nya, tapi semoga lulus pas tgl 9nya, dan lagi klo butuh informasi ato pingin sharing, silahkan add line idku saja : cooryashshelby

      Hapus
  35. Kartu ujiannya di print landscape atau potret? dan ngumpulian semua persyaratannya setelah atau sebelum ujian?

    BalasHapus
  36. Mau tanya juga dong .
    Glombang 3 prkiraan bakal nrima brapa Orang yah ?

    BalasHapus
  37. mau tanya dong, klo ambil 2 kelas bisa gak? contoh Menulis skenario dan Sutradara ?

    BalasHapus
  38. Hai nadhira! kalo boleh, aku mau tanya tanya tentang FFTV IKJ, aku seangkatan sm kamu harusnya tp karna aku ambil gap year jdnya baru tahun ini kuliah hehe. kalo boleh tolong email ke aku yaa, natakawilarang@gmail.com hehe terimakasihhh❤

    BalasHapus
  39. Kalo karya nya itu kita milih salah satu kan dari 3 hal yang di sebutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pengalaman taun lalu karya yang dikumpulin cukup beragam, ada yang mengumpulkan karya film mereka, ada krya fotografi, skenario, dan video. cukup kita pilih karya terbaik kita. saya sendiri 3 film pendek (yang sebenarnya bukan film pendek)

      Hapus
    2. Berarti pilih salah satu karya kita kan??

      Hapus
  40. ka kalo karya film pendek kita itu bersama team bagaimana?bisa ga?saya di film pendek itu sebagai dop bukan sebagai sutradara atau penulis script,apakah bisa saya kasih karya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok! Kan gak harus jadi sutradara, dll. Plus saat di Interview nanti bilang aja "Saya disini sebagai DOP".

      Hapus
  41. Kak kalau nggak punya karya film bisa nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus buat yang pastinya. Entah itu film pendek atau iklan.

      Hapus
  42. hullo kak, kalo karyanya dalam bentuk video" dokumenter gitu bisa gak ya? contohnya kayak di instagram saya @filmiz_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, kalau video dokumenter juga bisa di perlihatkan, kan itu karya kamu

      Hapus
  43. Ask, soal Wawancara, Dan Tes Tertulis nya Materi nya apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes tertulis materinya mengenai film yang akan di tayangkan. Filmnya berbeda-beda tiap test jadi gak nentu. Wawancaranya mengenai ilmu kita mengenai dunia perfilman (sutradara favorit, film favorit, dll)

      Hapus
    2. Kalo ga ada sutradara favorite gimana itu, kalo film masih mending btw kak kalo ngirim, Cerpen gtu nanti Jurusan nya di Pilih sendiri apa gmana

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Agama [Kristen, Islam, Budha, Hindhu, Konghucu]

  Di dunia ini ada sekitar 10 agama, dan di Indonesia hanya 5 agama yang di akui.  Tetapi walaupun berbeda kitab, tuhan, kepercayaan, ibadah, agama -agama ini mempunyai persamaan.  1. Mempunyai tempat untuk beribadah 2. Mempercayai adanya kehidupan setelah kematian (Surga, Neraka ataupun dilahirkan lagi dengan fisik yang berbeda) 3. Takut dengan dosa 4. Mempercayai bahwa ada pembuat alam semesta beserta makhuk-makhluknya. Jadi mengapa membuat kerusuhan? Membuat masalah?

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu.  Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN. Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film).  Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online.  Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.3