Langsung ke konten utama

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017


Halo kembali para pejuang ilmu.

Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.

Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film.
Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.

Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 

Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.

Pokoknya masukin semua informasi dan biodata-biodata kita yang disuruh, lalu masukan juga nomor ijazah/Surat Keterangan Asal Sekolah, upload pasfoto, KK, dll. Jangan lupa bayar biaya pendaftaraan yaitu Rp.250.000 ke bank/atm lalu upload hasilnya ke websitenya pula. Setelah semuanya selesai, kita akan kartu ujian online atau belum official. Untuk mendapatkan kartu ujian yang asli harus ke IKJ-nya dan memberi kelengkapan kita lagi dan juga karya-karya kita. Lengkapnya bisa cek di websitenya atau email bagi kalian yang sudah mendaftar.

Salah satu kelengkapannya adalah seperti Surat Bebas dari Narkoba dan Surat Berbadan Sehat Jasmani. IKJ sekarang mengharuskan mahasiswanya membuat surat seperti itu sebelum masuk. Jika ada mahasiswa yang memakai narkoba langsung di DO Drop Out. Biaya untuk membuat surat seperti itu tidaklah mudah, dan hanya ada di beberapa rumah sakit. Biaya yang saya keluarkan untuk surat itu Rp. 542.000 dua-duanya. Lumayan bukan? 😅😰

"IKJ Yang dulu bukanlah yang sekarang~"


Setelah semuanya selesai di urus, karya-karya saya juga sudah di print pergilah saya ke IKJ untuk mengambil kartu ujian pada hari Jumat.
By the way, Saya mengurus surat-surat yang penting seperti Surat Bebas dari Narkoba, Surat Berbadan Sehat Jasmani , dan SKCK sekitar 3 hari. Karena untuk yang di RSUD itu kan butuh waktu juga untuk dapat hasilnya gabisa sehari jadi.

Hari Sabtu 29 April 2017,
Saya mengikuti ujian masuk IKJ FFTV. Ada dua tes yaitu Tes Tertulis dan Tes Wawancara.

Tes Tertulis
Ditayangkan film dan kita harus menonton film tersebut. Setelah menonton nanti di beri soal dan lembar jawaban untuk menjawab soal tersebut. Soalnya itu tentang film juga jadi pastikan anda semua menonton filmnya dengan teliti dan serius!

Tes Wawancara
Satu per satu orang nanti dipanggil ke ruangan untuk di wawancara oleh staff/karyawan IKJ. Nanti ditanya tentang kita, mengapa minat kita di FFTV, kalau terpilih masuk FFTV mau ngambil jadi apa, lalu di tanya juga karya-karya kita, dll.

Pengunguman akan di beri tau 2 minggu setelah tes lewat website dan email pribadi kita.
Setelah itu selesai! Selamat masuk FFTV IKJ bagi yang berminat!


**UPDATE!


Dan Alhamdulillah sekali saya lulus masuk IKJ FFTV dan masuk 3 besar nilai tertinggi ujian masuk IKJ.

Selamat berjuang semuanya!

Komentar

  1. mau nanya itu karya yg diserahkan seperti apa ya? boleh gak klo berbentuk skenario?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok. Skenario, naskah, makalah, cerpen, dll apapun karya yang berbau Multimedia/Film boleh. Kalau ada film pendek dll bisa dimasukkan ke CD atau flashdisk

      Hapus
  2. mo tnya klo surat dan smua kelengkapannya dimasukkin pas mau ikut tes atau setelah pengumuman? terima kasih

    BalasHapus
  3. Mau nanya kemungkinan lulusnya brp persen yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika niat, doa, dan lumayan mengerti tentang perfilman (dan ditambah dengan prestasi akademik maupun non akademik) sekitar 88%

      Hapus
  4. Hi mau nanya,untuk surat bebas narkoba nya boleh dari RSUD ga ya? Atau harus dari Rs. fatmawati,RSKO,dan bnn saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat keterangan selanjutnya di website ya :). Di BNN sudah tidak membuat surat bebas narkoba lagi.

      Hapus
  5. Wawancaranya pake bahasa inggris?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung siapa yang me-wawancarai anda

      Hapus
  6. saya mau tanya dong. saya punya karya film tapi bahasa Manado.. itu bsa di terima ga ya? trus kira" presentase llus saya brpa prsen ? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau berapa presentasi lulusnya. Tetapi untuk memasukan karya film bahasa Manado gak papa kok bisa.

      Hapus
  7. Berarti maba baru ikj dong? Periode 1 ya?

    BalasHapus
  8. Wktu cek kesehatan berbadan sehat & surat keterang bebas narkoba, Nadhira cek di RSUD mana?
    Thx :)

    BalasHapus
  9. Mau nanya kalo karya karya seni kita kalo foto foto aja gitu boleh ga ya ? Soalnya awam di dunia perfilman tapi berminat banget kesana. Makasihh

    BalasHapus
  10. kalo mau daftar tapi nggak punya prestasi bisa nggak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada salahnya untuk coba-coba dulu

      Hapus
  11. Thanks so much udah mau share

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. kalau hasil karyanya berupa komik / gambar² animasi bisa gak?

    BalasHapus
  14. Bang mau nanya dong, kalo setelah kita upload berkas yg di foto, lalu untuk ngasih berkas persyaratan seperti FC rapot surat keterangan sehat dll itu gmana ya?

    BalasHapus
  15. nadhira, aku jg mau tes fftv ikj dan berniat nanya2 kamu sedikit. kebetulan aku ikutnya yg gelombang akhirnih. aku boleh tanya2?? kalau boleh tolong contact aku di marsya18@outlook.com trimakasih banyak! :)

    BalasHapus
  16. mau nanya,semisalnya kita mau daftar ikj tpi dlm bidang seni musik gimana ya? Mksdnya apakah prosedurnya sama kek begini atau beda? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosedurnya kurang lebih sama. Seperti yg DKV disuruh gambar dll. Pastinya beda fakultas/bidang ya disesuaikan juga ujiannya

      Hapus
  17. Mauuu nanya dong, itu tes tertulisnya soalnya berkaitan sama film yang diputar atau tentang wawasan umum tentang film tapi ga ada di dalam film yang diputar?

    BalasHapus
  18. Kak, kalo masuk IKJ nilai SBNPTN berpengaruh besar kah? Atau cuma test2 di atas saja yang masuk perhitungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SBNPTN? Maksudnya Nilai UN mngkin? kalo SBNPTN kan itu buat Perguruan Tinggi Negeri sementara IKJ itu Swasta jadi ya gak ngaruh, ngaruhnya itu saat tes masuk IKJnya sendiri. Kalo nilai UN/Raport iya ngaruh

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. mas misal saya punya piagam,namun piagamnya bukan dapat dari hasil ikut festival film,tapi piagam yang ikut lomba olahraga apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja kok, tetapi untuk masalah penilaian saya tidak bisa yakin karena ya.... saya bukan karyawan IKJnya melainkan mahasiswanya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 
Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 
Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya har…

EXID : We're going UP and DOWN [Info & Fakta]

Okay gw sangat sangat kecewa banget, kenapa gak dari dulu gw kenal EXID!?

EXID, girl group Korea Selatan yang terdiri dari 5 member sedan mengguncang-guncang dunia k-pop dengan lagu hits nya yaitu 'UP AND DOWN'

Lets introduce them!



EXID ( dibaca EX- AI- DI) berkepanjangan EXceed In Dreaming. Debut pada February 16, 2012 dengan lagu Whoz That Girl. Awalnya membernya ada 6 yaitu : (Dari atas kiri) Hani, LE, Junghwa, Yuzi, Dami, Haeryung. Singlenya 'Holla' mendapatkan perhatian yang lumayan dari para netizen.
April 2012. Yuzi, Dami, Haeryung meninggalkan EXID dengan alasan berbeda-beda. Tetapi sekarang mereka menjadi member BESTie. Mereka digantikan oleh Solji (atau Soul. G) dan Hyelin. 
Dengan member baru ada Agustus 2012 mereka kembali dengan lagu 'I Feel Good'. Lalu pada October 2 2012 mereka mengeluarkan lagu hits 'Every Night' yang terjual sampan 105.000 digital copies.
Walaupun perhatian dari netizen kurang tetapi mereka tetap bekerja keras untuk men…