Langsung ke konten utama

Ilmu Pemasaran tanpa sekolah

Hari ini sudah cukuplah belanjaku. Semua yang saya perlukan sudah saya beli akhirnya dan TANPA tambahan lainnya. Cukup yang saya butuhkan yang memang saya rencanakan untuk beli dari hari-hari kemarin.

Berkeliling berbelanja di Mall bersama teman saya tidak hanya membuat saya senang (karena barang baru), capek (karena mundar-mandir) tetapi mendapatkan ilmu.

Seperti yang saya selalu terapkan dan selalu percaya bahwa ilmu yang paling bagus dan paling kita cepat ingat adalah ilmu dari pengalaman. Belajar dari pengalaman.
Dan pengalaman hari ini adalah berbelanja.

Entah kalian para pembaca sudah menyadarinya atau bukan...
Selamat membaca,

Saya adalah pembelanja yang tidak terlalu repot dan menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke toko satu sampai toko tujuh untuk mencari barang yang sama dengan kualitas/harga yang berbeda. Maksimal mungkin tiga toko, dan itu selesai.

Mungkin ada bagusnya juga kalau kita berkeliling toko untuk mencari barang yang kita inginkan/ beli demi harga yang lebih murah. Karena ternyata ya harga di toko A bisa sangat jauh dengan toko B.

Contohnya: Tadi teman saya membeli casing hp harganya 75ribu. Kami tidak ganti-ganti toko hanya toko itu saja. Lalu di tawar (dan sedikit rayu) untuk menjadi harga yang lebih lebih murah. Akhirnya penjual sepakat 50ribu. Kirain saya dan teman saya hanya bisa 60ribu atau 65 taunya bisa kurang 25ribu.
BERARTI untung yang di ambil penjual itu sangat banyak. Sampai 75ribu ke 50ribu bisa ditawar dan dalam harga 50.000 itu pasti penjual masih mempunyai untung. Wow. Bisa 30.000 sendiri untung beliau dalam menjual SATU iPHONE CASE! Luar biasa.

(entah kalian se-shock saya atau sudah menyadarinya dari dulu.)

Lalu yang saya selalu dengar dari toko ke toko. TOKO MANAPUN pasti mereka selalu bilang
"Iya di sini paling murah pokoknya"
"Ya disini mah paling murah"
"ini udah dimurahin kok"
"Udah murah banget se mall ini tanya aja"
"Disini mah apa aja ada"

Setengah kebohongan + Setengah kepercayaan diri + Setengah jujur = (?)
Saya sebenarnya sudah mengerti konsep penjualan macam ini dari dulu. Cuma ya masih tetep kayak hmm *Senyum senyum smirk 😏* . Dan tanpa disadari kadang kita tidak ngeh atau tidak merasa juga bahwa kita telah di hipnotis ucapan.

OH!

Ada satu lagi.

Penjual yang tergesa-gesa padahal belum mau bayar 

Kita belum yakin mau beli barang itu atau tidak, ya udah menunjukkan rasa ketertarikan dan rasa ingin beli tapi masih kurang yakin.. kayak yaa 60% mau beli lah. Tapi penjualnya tergesa-gesa dan udah nanya ina itu.

NA: "Ini lensa nya yang paling bagus yang mana ya?"
Penjual: "Oh ini kan ada 3, trs *jelasin lensanya*. Ini jadinya framenya yg dipilih?"
NA: "iya sih tapi saya masih bingung"
Penjual: "Okay"
NA: "Yang A apa yang B ya bagusnya lensanya"
Penjual: "Kalau lebih bagus sih yang B. Dia anti *blablablaa*"
NA: "Ohh hmm"
Penjual: "Sudah? jadinya yang frame ini sama lensa B ya?"
*ini gak 100% percakapan asli*

Saya rasa penjual mempercepat-cepat karena dua hal:
1. Ingin klarifikasi saja ke customernya. Dia maunya orderanya yang apa dengan jelas.
2. Ingin mengesa-gesakan mempercepat customernya agar cepat bayar.

kadang kita kalau merasa dikejar seseorang ataupun di kejar waktu, jantung kita juga terasa terpompa dan pikiran kita merasa digesa/di percepat-cepatkan sehingga kita merasa kita harus membuat keputusan dengan sangat cepat saat itu juga! 
Karena kita harus membuat keputusan cepat otomatis kita tidak bisa memikir panjang lebar dan lain-lain dan kita harus membuat aksi saat itu juga dan yaitu dengan MEMBELI BARANG TERSEBUT.

Salah satu trik pemasaran yang bagus pula. Kalian tau pula mengapa kadang-kadang mall/ departement store/ pasar jualan memainkan lagu yang temponya cepat atau yang happy sangat. Itu karena inginmemacu adrenaline para pengunjungnya apalagi saat berbelanja.

🔀🔀🔀🔀🔀

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 
Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 
Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 
Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya har…

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

Halo kembali para pejuang ilmu.
Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar.
Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN. Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film.
Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi. 
Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email.
Pokoknya masukin semua informasi …

Cara menjadi atau memeluk agama Islam

Sebelum langung menuju ke cara masuk/menjadi Islam...

1. Pastikan bahwa anda ingin masuk atau beragama Islam karena keinginan anda sendiri.
2. Anda sudah mencari informasi tentang Islam dan bertanya-tanya kepada teman Islam/Ustad/Ustadzah/Ulama terpercaya.
3. Meyakini bahwa Tuhan hanya ada satu dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.
4. Mengetahui atau setidaknya pernah membaca rukun iman dan rukun islam.

Jika semua sudah , kau siap.


INFORMASI CEPAT MENGENAI ISLAM
Nama Agama : Islam
Tuhan : Allah SWT
Nama Penganut /Pengikut : Muslim (laki-laki), Muslimah (perempuan)
Kitab Suci : Kitab Taurat Kitab Zabur, Kitab Injil, Al Quran (yang sangat wajib).
Nabi : Ada 25 Nabi yang wajib diketahui, dan lebih banyak lagi Nabi-nabi lainnya
Ibadah wajib: Sholat (doa, puasa, dan masih banyak lagi)
Tempat Ibadah:  Masjid, Musholla
Pusat Ibadah : Mekkah, Ka'bah.




Cara memeluk agama Islam adalah dengan membaca dua kalimat syahadat Asyhadu al laa ilaaha illa-ullah wa asyahdu anna muhammadar-rasulu-llah da…